Jenis-jenis Barang Bawaan Tamu

Barang-barang yang dibawa tamu selama menginap di hotel terdiri dari beberapa macam jenis dan ukuran. Kondisi barang sangat beragam harus di identifikasi oleh Porter agar dapat menemukan teknik yang tepat untuk menanganinya. Barang-barang tertentu harus dengan perlakuan ekstra hati-hati. Salah satu contohnya lukisan, usahakan tidak menyentuh permukaan lukisan karena disamping dapat menyebabkan kerusakan. Sebagaian tamu tidak suka jika permukaan lukisan disentuh. Apabila tamu mempercayakan petugas untuk membawanya, petugas harus sangat hati-hati, termasuk dengan menempatkan barang-barang tersebut ditempat yang mudah diawasi.

 Berikut in adalah beberapa jenis barang (luggage) yang biasa dibawa oleh tamu yang menginap di hotel yaitu :
1. Traveling Bag
Barang bawaan berupa tas jinjing dengan tali yang panjang digunakan oleh pendaki gunung atau anak sekolah. Cara membawanya adalah dengan mengantungkannya di pundak (shoulder)

2.  Brief Case
Tas yang biasanya digunakan untuk membawa dokumen-dokumen penting, seperti tiket, telepone seluler, surat-surat penting, uang dan lain sebagainya.

3.  Trunk
Kopor yang berukuran besar untuk membawa pakaian pada saat melakukan perjalanan. Koper pakaian ini terdiri dari dua jenis, yaitu ;
a. Hard Suitecase, terbuat dari metal atau plastik
b. Soft Suitecase, terbuat dari kulit, kain dan kain kanvas.

4. Shoulder Pack / Haversack
Tas berbentuk koper lipat

5. Camera Case
Tas yang berukuran sedang atau kecil untuk membawa kamera atau handycamp, perlengkapan foto, seperti; camera body,lensa, flashes dan lain sebagainya.

6. Golf BagTas yang digunakan untuk membawa perlengkapan olah-raga golf (stickgolf)                                    

7. Vanity / Beauty Case / Cosmetic Case
Tas / kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan cosmetic. Tas ini biasanya digunakan wanita selama perjalanan

8. Garment / Valet / Suit Bag
Tas biasanya terbuat dari kulit, kain atau plastik. Tas ini digunakan untuk membawa baju jas, jaket dan celana. Garmen bag biasanya dapat digantung pada hanger.

 9. Hat Box
Kotak untuk membawa topi, biasanya untuk aneka topi yang digunakan oleh wanita. Tas ini terbuat dari bahan-bahan ringan seperti plastik, anyaman dan kain serta bentuknya mengikuti bentuk topinya.

10. Suite Case
Kopor pakaian yang terbuat dari metal, kain atau plastik dengan roda pegangan yang bisa ditarik dan biasanya untuk pakaian saat melakukan perjalanan.

11. Val Pack / Val Case
Sejenis tas pakaian yang terbuat dari kulit berlapis dan dapat dilipat serta dapat digantungkan

12.  Painting
Painting adalah lukisan, baik yang sudah dibingkai maupun yang masih digulung/dilipat
Barang-barang bawaan diatas memiliki teknik tertentu untuk membawanya secara aman. Jika barang-barang tersebut sangat berat anda harus memperhatikan agar dapat dibawanya secara aman.